Rabu, 24 Juni 2015

Psikologi

Psikologi, berasal dari kata Yunani, yaitu psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Pada dasarnya makna dari psikologi ialah ilmu jiwa. Tetapi, arti kata ilmu jiwa sangatlah abstrak, karena jiwa adalah sesuatu yang tidak dapat dilihat, Sehingga, para ahli sepakat untuk mengatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari setiap perilaku manusia secara ilmiah. Lambang trisula yang menjadi lambang dari ilmu psikologi diambil dari huruf ke-23 Yunani, dan huruf itu pun disebutkan dengan kata "psi".

Sebenarnya admin setahun lalu telah menjadi salah satu mahasiswa psikologi universitas negeri di Makassar, Tetapi, dengan karakteristik dasar manusia, akan terus mencari yang lebih baik, sehingga admin ingin mencari yang lebih baik untuk perjalanan pendidikannya. 

Bercerita sedikit tentang psikologi, admin teringat terhadap salah seorang tokoh psikologi yang menjadi inspirasinya. Tokoh tersebut adalah bapak psikoanalisa, Sigmund Freud. Salah satu tokoh yang berperan dalam perkembangan ilmu psikologi. Sigmund Freud menemukan metode psikologi dalam keadaan ketidaksadaran manusia atau yang lebih dikenal psikologi mimpi. Beliau juga memiliki teori tentang id, ego, dan superego.

Lalu, kelebihan dari ilmu psikologi menurut admin ialah dapat mencakup segala bidang, karena psikologi mempelajari dari karakteristik hingga perilaku manusia. Oleh karena itu, ilmu psikologi memiliki bagian setiap bidang lain, contohnya psikologi forensik, psikologi kesehatan, pendidikan, dsb.

Berikut salah satu video yang menayangkan tentang awareness test ( tes kesadaran ) dalam ilmu psikologi :


sumber video :
https://www.youtube.com/watch?v=7X5WwhNj4yI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar