Rabu, 24 Juni 2015

Indonesia Tanah Kelahiranku

Salam..

Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai kepulauan, dari ujung sabang hingga ke marauke. Memiliki berbagai macam budaya. Memiliki dasar negara yang jelas ialah pancasila. Memiliki kekayaan alam yang begitu luas. Memiliki berbagai macam flora maupun fauna yang tersebar di setiap kepulauannya.

Membicarakan tentang bangsa Indonesia, tidaklah semudah menceritakan pengalaman pribadi diri sendiri. Telah terdapat berbagai perjuangan hingga tragedi yang dapat kita ceritakan tentang Indonesia. Tetapi, apakah perjuangan itu hanya kita lakukan pada saat sebelum mendapatkan kemerdekaan? tentu tidak. Setelah kemerdekaan pun, kita akan tetap terus berjuang untuk Indonesia. Tidak untuk mencari kemerdekaan lagi, tetapi untuk mempertahankan keharmonisan bernegara setiap perbedaan yang ada di Indonesia. Karena, merebut akan sangatlah lebih mudah jika ingin dibandingkan dengan mempertahankan. Walaupun, secara nyata, ketika kita mendengar sejarah perjuangan Indonesia kita akan berfikir itu adalah hal yang sulit.

Menurut admin, kesadaran terhadap perjuangan Indonesia pada generasi sekarang mungkin masihlah kurang. Terbukti masih sering terjadi tindak kriminalitas, bahkan deskriminasi antar suatu perbedaan yang harusnya dapat terhindarkan. Ketika ingin melakukan perubahan, sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Harus diawali dengan kesadaran diri sendiri terlebih dahulu bahwa kita berada di lingkup negara yang memiliki perbedaan. Perbedaan yang justru akan membuat kita semakin bersatu. Bersatu ketika kita paham makna dari dasar negara tanah kelahiran kita, Indonesia.

-end

Tidak ada komentar:

Posting Komentar